Terobos Lampu Merah, Pengendara Ojol Tertabrak dan Penumpang Ikut Terpental!

- 23 Februari 2023, 07:59 WIB
Ilustrasi ojol.
Ilustrasi ojol. /Unsplash/Dino Januarsa
 

BERITA KBB – Telah viral di media social Twitter, mengenai kecelakaan yang melibatkan driver ojek online beserta penumpang yang tertabrak mobil hingga terpental setelah diketahui bahwa driver tersebut memaksa menerobos lampu merah di Metropole XXI, Jl. Diponegoro, Jakarta Pusat, pada Selasa (21/2/2023).

Unggahan video yang mempertontonkan kronologi kejadian, merupakan rekaman video yang didapat dari dashcam pemilik mobil. Diceritakan ketika pemilik mobil dalam kecepatan cukup kencang melaju melewati persimpangan jalan dalam kondisi lampu traffic light berwarna hijau.

Tiba-tiba saja dari arah sebelah kanan sang pemilik mobil, muncul pengendara ojol beserta penumpang yang melaju dengan memaksa menerobos lampu merah tanpa melirik kendaraan sekitar. 
 
 
Kejadian tabrakan pun terjadi dengan posisi supir ojol beserta penumpang terpental cukup jauh, namun terlihat sang supir ojol masih dalam keadaan sadar dalam posisi terduduk di tengah jalan dan penumpang yang terjatuh turut dibantu warga sekitar untuk diangkut.

Video yang mempertontonkan kronologi tabrakan tersebut kemudian viral, setelah pemilik akun Twitter @Midjan_La_2 mengunggah kembali video tersebut di laman postingannya. 
 
Kejadian tersebut mendapatkan reaksi di kalangan warganet terhadap sikap atau perilaku berkendara, tidak hanya dari pihak supir ojol melainkan pihak pengemudi mobil yang dinilai acuh terhadap nyawa seseorang, turut menuai kritik.

“Gua tim mobil sih. Ojol jelas salah. Sisi pengguna mobil masih lampu ijo, itu sisi ojol lampu merah tp tetap trabas. Yaudah terima aja kesalahan itu org sendiri ga mematuhi lampu lalu lintas. Ga Bisa membenarkan yg salah.” Ujar warganet dengan pemilik akun @datsslash, dalam kolom komentar unggahan video tersebut.
 

Memang terdapat aturan hukum lalu-lintas yang mengatur segala bentuk perilaku berkendara para pemilik motor roda dua atau roda empat. Salah satunya yaitu aturan untuk tidak menerobos lampu merah, konsekuensi bagi masyarakat yang melanggar tentunya tidak hanya berbicara tentang hukum pidana atau perdata melainkan risiko terburuknya yaitu kehilangan nyawa.

Terdapat pula respon warganet yang menilai bahwa sang pengemudi mobil pun terkesan acuh terhadap nyawa sopir ojol beserta penumpang. Diketahui pada rekaman video, sang pemilik mobil diduga sudah mengetahui terlebih dahulu bahwa terdapat kendaraan roda dua yang dikendarai oleh supir ojol melaju di depannya.

“Betul pengemudi mobil hijau. Tapi rasanya bisa direm jugalah untuk menghindari tabrakan. Gak perlulah merasa paling benar sampai-sampai merasa berhak mencederai orang lain. Ngerem sedikitlah, kamu cuma terhambat sekian detik kok." Reaksi warganet lainnya dengan pemilik akun @bernardtan2014 turut menyesalkan tindakan sang pengemudi mobil  yang diduga tidak memilih untuk memberhentikan kendaraannya untuk antisipasi terjadinya kecelakaan.

Memang menjadi kontroversi di kalangan warganet, tentang supir ojol yang menerobos lampu merah dengan pemilik kendaraan mobil yang menabrak. Namun, menjadi catatan penting bagi setiap pengendara untuk tetap mematuhi aturan lalu-lintas yang berlaku, untuk mencegah terjadinya kecelakan yang serupa dikemudian hari.***


 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x