Hukum Shalat Jumat di Hari Lebaran, Tetap Wajib atau Boleh Diganti Shalat Dzuhur? Berikut Penjelasannya

- 16 April 2023, 19:18 WIB
Berikut penjelasan hukum Shalat Jumat di hari Lebaran, apakah tetap wajib dilaksanakan atau boleh diganti shalat dzuhur.
Berikut penjelasan hukum Shalat Jumat di hari Lebaran, apakah tetap wajib dilaksanakan atau boleh diganti shalat dzuhur. /Pikiran Rakyat/Irwan Suherman/

Berita KBB - Hari Raya Idul Fitri tidak lama lagi akan tiba. Umat Muslim di dunia dan di Indonesia sebentar lagi akan menyambut hari Lebaran yang datang sekitar Jumat atau Sabtu pekan depan.

Jatuhnya hari Lebaran secara resmi di Indonesia hingga saat ini masih belum ditentukan oleh pemerintah. Pihak Kementerian Agama sendiri dijadwalkan akan melaksanakan sidang isbat penentuan 1 Syawal pada Kamis 20 April 2023 mendatang.

Berdasarkan kalender, hari Lebaran jatuh pada hari Sabtu 22 April 2023. Jika dihitung dari hari pertama puasa Ramadhan 2023 pada Kamis 23 Maret lalu, maka total jumlah hari Ramadhan 2023 adalah 31 hari jika Idul Fitri memang jatuh pada 22 April sesuai kalender.

Baca Juga: Perjuangan Vicky Aditya, di Tolak Label Negeri Sendiri di Apresiasi di Malaysia

Hal ini sedikit bertentangan dengan jumlah hari dalam setiap bulan kalender Hijriah yang berdasarkan pada revolusi bulan. Diketahui, 1 bulan Hijriah terdiri dari 29 hingga 30 hari.

Sehingga, ada kemungkinan jatuhnya hari Lebaran 2023 akan maju 1 hari dari yang ditetapkan kalender menjadi hari Jumat, 21 April 2023, bergantung pada hasil pemantauan hilal 1 Syawal nanti.

Jika Idul Fitri 2023 benar-benar jatuh di hari Jumat, maka timbul pertanyaan, bagaimana hukum melaksanakan shalat Jumat di hari Lebaran, apakah tetap wajib dilaksanakan atau boleh diganti dengan shalat Dzuhur, karena sibuk silaturahmi di hari Lebaran misalnya.

Menurut Hasbullah Bakry dalam Pedoman Islam di Indonesia (1990), dalam kasus hari Idul Fitri bertepatan dengan hari Jumat, maka umat Islam dihadapkan pada 2 shalat berjamaah skala besar di hari yang sama. Lalu bagaimana hukumnya shalat Jumat di hari Lebaran?

Baca Juga: Berbeda dengan PBNU dan Pemerintah, PP Muhammadiyah Telah Tetapkan Lebaran Idul Fitri 1444H pada 21 April 2023

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x