Lava Pijar Meluncur Sepanjang 1.700 Meter Pagi Ini, Berikut Catatan Seismik Gunung Merapi Sepekan Terakhir

- 10 Juli 2023, 14:03 WIB
Lava Pijar Meluncur Sepanjang 1.700 Meter Pagi Ini, Berikut Catatan Seismik Gunung Merapi Sepekan Terakhir
Lava Pijar Meluncur Sepanjang 1.700 Meter Pagi Ini, Berikut Catatan Seismik Gunung Merapi Sepekan Terakhir /Uut
 

Berita KBB - Gunung Merapi memuntahkan guguran lava pijar pada Senin 10 Juli 2023 pagi WIB. Guguran lava yang terjadi 12 kali ini meluncur ke arah barat daya sepanjang 1.700 meter.

Dilansir PMJ News Senin ini, Kepala Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Agus Budi Santoso menjelaskan, guguran lava pijar Gunung Merapi pagi ini mengarah ke Kali Bebeng.

Pihak BPPTKG juga mencatat 40 kali terjadi gempa guguran akibat aktivitas vulkanik Gunung Merapi dengan amplitudo 3-32 mm dan berdurasi 42,5 - 107,8 detik.

Baca Juga: Syahnaz Sadiqah Akhirnya Klarifikasi, Ungkap Menyesal Atas Kasus Yang Terjadi

Meski begitu, guguran lava pijar Gunung Merapi pagi ini tidak berdampak meningkatkan status gunung api tersebut. “Tingkat aktivitas tetap di level III atau siaga,” ujar Agus seperti dikutip Berita KBB dari PMJ News.


Di samping itu, Gunung Merapi tampak mengeluarkan asap kawah berwarna putih dengan intensitas sedang dan bertekanan lemah. Ketinggian asap kawah mencapai 100 meter di atas puncak.


Sebelumnya, sebagaimana dilansir Antaranews pada Minggu 9 Juli 2023, Agus mengungkap bahwa guguran lava dan awan panas yang ditimbulkannya mengubah morfologi kubah lava di barat daya Gunung Merapi.


Berubahnya morfologi kubah lava Gunung Merapi itu berdasarkan pengamatan hasil analisis dari stasiun kamera Merbabu, Deles 5, dan Babadan 2 periode Jumat 30 Juni sampai Kamis 6 Juli 2023.


"Morfologi kubah barat daya mengalami sedikit perubahan akibat aktivitas guguran lava dan awan panas guguran, sedangkan untuk kubah tengah tidak teramati perubahan yang signifikan," ujarnya pada Minggu, seperti dikutip Berita KBB dari Antaranews.


Volume kubah barat daya Gunung Merapi berdasarkan foto udara yang diambil pada Sabtu 24 Juni 2023 lalu, terukur sebesar 2.465.900 m3. Adapun volume ubah tengah sebesar 2.346.500 m3.


"Pada kubah barat daya teramati titik panas tertinggi mencapai 500 derajat Celsius, dan pada kubah tengah mencapai 199,7 derajat Celsius," ujar Agus.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: PMJ News


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x