Harga Beras Naik karena El-Nino, Pemerintah Impor Beras dari Kamboja

- 14 September 2023, 08:10 WIB
Harga beras naik, warga Kabupaten Lebak beralih membeli beras stok lama hasil panen dua tahun lalu.
Harga beras naik, warga Kabupaten Lebak beralih membeli beras stok lama hasil panen dua tahun lalu. /Pixabay

 

 

BERITA KBB - Harga beras di Indonesia mengalami kenaikan sejak beberapa bulan terakhir. Salah satu faktor penyebabnya adalah fenomena El-Nino yang berdampak pada penurunan produksi padi di sejumlah daerah. Untuk mengatasi krisis beras dan menjaga stabilitas harga, pemerintah berencana untuk mengimpor beras dari Kamboja sebanyak 250 ribu ton. 

El-Nino adalah fenomena perubahan iklim yang ditandai dengan meningkatnya suhu permukaan laut di Samudra Pasifik bagian timur. El-Nino dapat mempengaruhi pola curah hujan dan angin di berbagai belahan dunia, termasuk Indonesia. Dampak El-Nino bagi Indonesia antara lain adalah kekeringan, gagal panen, kebakaran hutan, dan penurunan kualitas udara.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), El-Nino tahun ini tergolong kuat dan diperkirakan akan berlangsung hingga awal tahun 2024. BMKG juga memprediksi bahwa El-Nino akan menyebabkan anomali curah hujan di sebagian besar wilayah Indonesia, terutama di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, dan Papua.

 Baca Juga: Jadwal Drawing Piala Dunia U-‪17 2023‬: Indonesia Masuk Pot 1, Siapa Lawan Garuda Muda?

Akibat El-Nino, produksi padi di Indonesia mengalami penurunan yang signifikan. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), produksi padi pada triwulan II-2023 mencapai 18,34 juta ton gabah kering giling (GKG), turun 9,82 persen dibandingkan triwulan I-2023 yang sebesar 20,34 juta ton GKG. Penurunan produksi padi ini berdampak pada menipisnya stok beras di gudang-gudang Bulog dan naiknya harga beras di pasar.

 

Berdasarkan data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis Nasional (PIHPSN), harga beras medium nasional pada September 2023 mencapai Rp 12.800 per kilogram, naik 6,67 persen dibandingkan Agustus 2023 yang sebesar Rp 12.000 per kilogram. Kenaikan harga beras ini tentu memberatkan masyarakat, terutama di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x