Peringatan Dini BMKG: Ada Potensi Angin Kencang di Jawa Barat, Nusa Tenggara dan Sulawesi 14-15 September 2023

- 14 September 2023, 14:54 WIB
Ilustrasi hujan disertai angin kencang/ist
Ilustrasi hujan disertai angin kencang/ist /
 

Berita KBB - Sebagian wilayah pulau Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Maluku hingga Papua berpeluang diguyur hujan lebat dalam kurun Kamis dan Jumat 14-15 September 2023. Pada rentang waktu yang sama, sebagian wilayah Jawa, Sulawesi dan Nusa Tenggara berpeluang dihembus angin kencang.


Menurut laporan peringatan dini cuaca BMKG pada Rabu 13 September 2023 ini, kondisi cuaca ini dipengaruhi daerah pertemuan dan perlambatan angin yang memanjang dari Selat Malaka hingga Thailand, di Laut Natuna bagian utara, dari Kalimantan Timur hingga Kalimantan Utara.


Daerah konvergensi tersebut juga terpantau memanjang dari Laut Sulu hingga Filipina, di Laut Filipina, dari Laut Maluku hingga Laut Halmahera, di Maluku Utara, dan dari perairan utara Papua barat hingga utara Papua.

 

Baca Juga: Prediksi Pertandingan Bali United vs RANS Nusantara: Siapa yang Akan Menang?


Sementara daerah Pertemuan Angin terpantau BMKG berada di Laut Filipina, di Laut Sulawesi, dan di Samudra Pasifik Utara Papua. Kondisi tersebut dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah-wilayah itu.


Wilayah mana sajakah yang terdampak hujan dan angin kencang akibat fenomena tersebut? Berikut ini Berita KBB rangkum prediksi sebaran cuaca di wilayah Indonesia pada 14-15 September 2023.


Harap diperhatikan bahwa data di bawah ini hanya bersifat prakiraan, sehingga cuaca yang timbul sebenarnya bisa saja berbeda.


Peringatan Dini Cuaca Kamis 14 September 2023

Hujan lebat berpotensi mengguyur Aceh, Sumatra Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, Papua.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x