Teknologi di Bidang Pertanian: Inovasi dan Tantangan

- 24 September 2023, 15:23 WIB
Teknologi di Bidang Pertanian: Inovasi dan Tantangan
Teknologi di Bidang Pertanian: Inovasi dan Tantangan /Tangkapan layar YouTube Ahmad Zubedi

 

 

BERITA KBB - Pertanian adalah salah satu sektor yang penting bagi perekonomian dan ketahanan pangan Indonesia. Namun, pertanian juga menghadapi berbagai tantangan, seperti perubahan iklim, lahan terbatas, tenaga kerja berkurang, dan persaingan global. Untuk mengatasi tantangan tersebut, diperlukan inovasi teknologi di bidang pertanian yang dapat meningkatkan produktivitas, efisiensi, dan kualitas hasil pertanian.

Beberapa contoh teknologi di bidang pertanian yang telah atau sedang dikembangkan dan diterapkan di Indonesia adalah sebagai berikut:

Aeroponik Vertical

Baca Juga: Karena Alasan Ini, Nurul Arifin Ingin Ada Perda Perlindungan UMKM

Teknologi ini memanfaatkan ruang vertikal untuk menanam tanaman di udara tanpa menggunakan tanah atau air. Tanaman mendapatkan nutrisi dari larutan yang disemprotkan ke akar. Teknologi ini hemat ruang, air, dan bebas pestisida. Salah satu perusahaan yang mengembangkan teknologi ini adalah OnePointOne, yang bermitra dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) untuk membangun ruang pertanian aeroponik di Indonesia.

 

Drone

Teknologi ini menggunakan pesawat tanpa awak yang dilengkapi dengan kamera, sensor, dan alat semprot untuk memantau kondisi tanaman, mengidentifikasi hama dan penyakit, mengaplikasikan pupuk dan pestisida, dan menanam benih. Teknologi ini dapat meningkatkan akurasi, kecepatan, dan cakupan operasi pertanian. Salah satu perusahaan yang menyediakan layanan drone untuk pertanian adalah Equinox’s Drones.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah