Prakiraan Cuaca Indonesia 20-21 Oktober 2023: Ada Siklon Tropis Sanba, Berikut Daftar Provinsi yang Akan Hujan

- 20 Oktober 2023, 08:39 WIB
Prakiraan Cuaca Indonesia 20-21 Oktober 2023: Ada Siklon Tropis Sanba, Berikut Daftar Provinsi yang Akan Hujan
Prakiraan Cuaca Indonesia 20-21 Oktober 2023: Ada Siklon Tropis Sanba, Berikut Daftar Provinsi yang Akan Hujan /Syahrial /
 

Berita KBB - Prakiraan cuaca Indonesia 20-21 Oktober 2023 menyebutkan bahwa sejumlah provinsi berpotensi mengalami hujan ringan hingga lebat dan angin kencang, yang salah satunya disebabkan melintasnya Siklon Tropis Sanba di dekat wilayah RI.


Menurut laporan peringatan dini cuaca yang dirilis BMKG pada Kamis 19 Oktober 2023, Siklon Tropis Sanba terpantau berada di sekitar Beibu Gulf sebelah utara Natuna dan diperkirakan intensitasnya berpotensi semakin meningkat.


Siklon Tropis Sanba bergerak ke utara-timur laut dengan kecepatan angin maksimum 65 km/jam dan tekanan udara minimum 1002 hPa, dan membentuk daerah konvergensi di Malaysia bagian utara, Teluk Thailand Teluk hingga Laut China Selatan.

 

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Lapak Cintaku Dikasih Umpan Lambung, Syahnaz Sadiqah dan Fauzan Nasrul, 10:00 WIB


Di wilayah Indonesia, daerah pertemuan dan perlambatan kecepatan angin terpantau memanjang dari pesisir barat Aceh hingga Sumut, dari Lampung, Bengkulu, hingga Sumbar, dari Selat Makassar, Kalimantan Tengah, hingga Kalimantan Barat, dan dari Papua bagian tengah hingga Papua Barat. Awan hujan berpotensi terbentuk di wilayah-wilayah tersebut.


BMKG mendeteksi adanya peningkatan kecepatan angin lebih dari 25 knot (46 km/jam) di Samudra Hindia sebelah barat Australia dan Laut Arafuru bagian selatan, yang mampu meningkatkan ketinggian gelombang di wilayah perairan sekitarnya.


Selain itu, Labilitas Lokal Kuat yang mendukung proses konvektif pada skala lokal terdapat di wilayah Aceh, Sumut, Sumbar, Riau, Kepri, Jambi, Sumsel, Bengkulu, Babel, Lampung, Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Kaltara, Sulteng, Sulbar, Pabar, dan Papua.


Berikut ini prakiraan cuaca Indonesia 20-21 Oktober 2023 sebagaimana diinformasikan laporan peringatan dini cuaca BMKG. Perlu diingat bahwa data di bawah ini hanyalah prediksi, sehingga cuaca yang terjadi sebenarnya bisa saja berbeda.


Prakiraan Cuaca Indonesia 20 Oktober 2023

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x