Jakarta Banjir Hari Ini, Anies Disinggung Soal Janji Kampanye yang Belum Ditepati

- 16 Oktober 2020, 19:33 WIB
Seorang warga RT 009, RW 01, Kelurahan Manggarai duduk di dalam rumahnya setelah sempat tergenang banjir, Selasa dini hari (19/5/2020).*
Seorang warga RT 009, RW 01, Kelurahan Manggarai duduk di dalam rumahnya setelah sempat tergenang banjir, Selasa dini hari (19/5/2020).* /ANTARA/

BERITA KBB - Selama tiga tahun Anies Baswedan memimpin DKI Jakarta, setidaknya masih ada 4 janji yang masih belum diselesaikan oleh sang Gubernur Jakarta.

Hal ini disampaikan oleh Bendahara Fraksi Nasdem DPRD DKI Jakarta yaitu Ahmad Lukman Jupiter.

Janji yang pertama yang masih belum ditepati oleh Anies Baswedan menurut Jupiter adalah soal rumah DP Rp0.

Baca Juga: Banjir Jakarta Hari Ini 16 Oktober 2020, 7 RT Tergenang hingga 70 Sentimeter Akibat Hujan Deras

Menurut dia, janji soal tersebut masih belum direalisasikan sepenuhnya lantaran menurut dia masih ada jutaan warga yang belum mempunyai rumah.

"DP Rp0 sampai saat ini belum terlaksana, masih ada jutaan warga Jakarta yang belum punya hunian menurut data BPS," kata Jupiter dikutip dari Antara.

Dia juga turut menyoroti terkait Rumah Susun Sederhana Sewa (Rusunawa) yang sudah berdiri tegak di Jakarta Barat, tapi penghuninya masih sepi.

Baca Juga: Mahasiswa Unpad Buat Alga Cokelat Bisa Mencerahkan Kulit dan Menjadi Masker Peel Off Anti Jerawat

"Ini ada apa? terus Dinas Perumahan ini, selaku yang menjalankan program ini, kelihatannya santai-santai saja, ini sudah tiga tahun," ujarnya.

Janji kedua, adalah masalah banjir di Jakarta yang merupakan pekerjaan rumah (PR) yang belum dituntaskan.

Bahkan dia mencontohkan, berkaca dari tahun lalu, Anies sampai digugat masyarakat Ibu Kota karena dampak dari banjir yang meluas.

Baca Juga: SAKSIKAN! penampilan Bili, Jessica, Shandy dan Sukma di Pop Academy Indosiar, Jumat 16 Oktober

Saat ini, menurutnya, penanganan banjir di DKI belum menampakkan hasil yang signifikan.

Bahkan Jupiter menilai, proses normalisasi kali ataupun penanggulangan banjir lainnya masih saling lempar tanggung jawab antara pemerintah pusat dan provinsi.

"Bahkan, Anies digugat saat itu dengan kerugian banjir. Nah, saat ini, menurut saya ini masih jalan di tempat, belum ada perkembangan secara signifikan," ucapnya.

Janji kampanye lainnya yang belum maksimal adalah terkait penyediaan lapangan kerja melalui program OK Oce yang dinilai olehnya seperti hilang begitu saja.

Baca Juga: Tak sampai 160 cm, Ini Tinggi Badan Nikita Willy dan 11 artis Cantik Lainnya yang Memesona

Bahkan Jupiter menyampaikan, selama masa pandemi COVID-19 ada sekitar 24 ribu tenaga kerja yang kena PHK dan masalah ini pun tidak bisa ditanggulangi dengan baik.

"Saat itu Pak Anies menyampaikan berjanji akan menyediakan lapangan kerja lewat OK Oce, sampai sekarang menurut saya itu tidak berjalan," cetusnya.

Terakhir, tambah Jupiter, adalah persoalan proyek reklamasi, saat kampanye, Anies menyatakan dengan tegas menolak reklamasi, namun kini Anies mendukung pembangunan reklamasi Ancol, Jakarta Utara.

"Tapi setelah itu, setelah dia menjabat, reklamasi dia tandatangani Pergub, Pergub reklamasi di Ancol. Reklamasi dengan perluasan itu sama saja, itu persamaan kata saja, perluasan dan reklamasi menurut saya sama," tuturnya.***

Editor: Syamsul Maarif


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x