Perguruan Darul Hikam dan Dispusipda Jabar Kolaborasi Bangun Literasi di Jawa Barat

- 17 November 2021, 06:12 WIB
Direktur Perguruan Darul Hikam Ruri Ramadanti menyampaikan materi "Membangun Generasi Berakhlak Berprestasi Melalui Budaya Literasi".
Direktur Perguruan Darul Hikam Ruri Ramadanti menyampaikan materi "Membangun Generasi Berakhlak Berprestasi Melalui Budaya Literasi". /

BERITA KBB - Perguruan Darul Hikam dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah (Dispusipda) Jawa Barat berkolaborasi membangun literasi pelajar dan masyarakat Jawa Barat di masa pandemi.

Dispusipda Jabar menilai Perguruan Darul Hikam memiliki budaya literasi yang tinggi sehingga bisa menginspirasi sekolah-sekolah lain di Indonesia.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat pun memuji budaya literasi yang ditanamkan guru-guru sekolah Darul Hikam. Budaya literasi tidak hanya diajarkan kepada siswa, tetapi juga para guru Darul Hikam memberi teladan dengan menjadi guru-guru berprestasi dalam bidang literasi.

Baca Juga: Tingkatkan Literasi Digital di Cirebon Raya Jaringan 4G XL Axiata Jangkau 95% Desa di 5 Kabupaten/Kota

Oleh karena itu, seluruh jenjang pendidikan Darul Hikam mulai dari TK, SD, SMP, hingga SMA ditetapkan menjadi titik layanan Dispusipda Jabar sejak Oktober 2021.

"Saya yakin Darul Hikam adalah sekolah unggulan yang menjadikan perpustakaan sebagai daya tarik. Apalagi, pendirinya adalah ustaz besar yang kini dipimpin oleh Dr. Ir. H. Sodik Mudjahid, M.Sc. sebagai Ketua Yayasan Darul Hikam," ucap Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat Ahmad Hadadi pada webinar "Peran Perpustakaan dalam Pendukungan Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19" pada Selasa, 16 November 2021.

Ahmad meyakini Darul Hikam akan menjadi perguruan pertama yang bisa menghasilkan alumni berkualitas, tidak hanya dari sisi kecerdasan, tapi juga akhlak yang mulia. Terlebih, Darul Hikam pada awal pendiriannya adalah untuk menjadi lembaga pendidikan yang melakukan dakwah islamiyah dan menciptakan generasi yang cerdas, bertakwa, dan berguna dunia akhirat.

Baca Juga: “Virtual Storytelling” Ala SD 1 Darul Hikam Bandung, Menstimulasi Budaya Literasi Sejak Dini

Dalam kesempatan webinar tersebut, Direktur Perguruan Darul Hikam Ruri Ramadanti menyampaikan materi "Membangun Generasi Berakhlak Berprestasi Melalui Budaya Literasi". Sekitar 180 peserta hadir dari Dispusipda Jabar, Dinas Pendidikan Jawa Barat, guru dan karyawan Perguruan Darul Hikam, guru-guru dari berbagai sekolah di Indonesia, pegiat literasi seluruh Indonesia, serta masyarakat umum.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x