Hadiri Rapat Kerja Komwil Forsesdasi Jabar, Sekda Tekankan Pentingnya Penyederhanaan Birokrasi

- 28 Juni 2022, 22:04 WIB
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja saat menghadiri rapat kerja Komisariat Wilayah (Komwil) Forum Sekda Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Provinsi Jawa Barat di GH Universal Hotel Bandung, Selasa (28/6/2022).
Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja saat menghadiri rapat kerja Komisariat Wilayah (Komwil) Forum Sekda Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Provinsi Jawa Barat di GH Universal Hotel Bandung, Selasa (28/6/2022). /Foto: Biro Adpim Jabar/

BERITA KBB - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menghadiri rapat kerja Komisariat Wilayah (Komwil) Forum Sekda Seluruh Indonesia (Forsesdasi) Provinsi Jawa Barat di GH Universal Hotel Bandung, Selasa (28/6/2022).

Dalam acara tersebut, Setiawan mengatakan bahwa Pemda Provinsi Jabar sudah menggelorakan pemerintahan dinamis atau _dynamic governance_. Menurutnya, penerapan _dynamic governance_ bertujuan agar pemerintahan mampu menjawab tantangan-tantangan yang hadir saat ini.

Oleh karenanya, kata Setiawan, struktur organisasi hierarkis sudah tidak pas dengan tuntutan dan kebutuhan saat ini, sehingga penyederhanaan birokrasi dengan model kerja Team of Teams (ToTs) menjadi upaya membentuk pemerintahan yang dinamis.

Baca Juga: Jalankan Reformasi Birokrasi, Ini Pesan Sekda Jabar Setiawan Wangsaatmaja

"Kalau kita menggunakan struktur organisasi yang masih hierarkis, birokrasi panjang, slow response, tidak bisa dinamis, kita akan kalah cepat," kata Setiawan.

Menurut Setiawan, karakteristik hierarkis perlu dihilangkan dalam birokrasi. Tujuannya supaya pelayanan publik lebih efektif, dan dapat menyenangkan hati masyarakat.

"Kalau dilihat kenapa sektor IT, finansial bisa lebih cepat tumbuh? Itu karena bisa menghilangkan karakteristik tata kelola yang hierarkis tadi," ucapnya.

Baca Juga: Banyak Lakukan Birokrasi 3.0, Pemprov Jabar Positif Progres Reformasi Birokrasi

"Jadi inilah gunanya penyederhanaan birokrasi, poinnya di sini," tambahnya.

Dalam birokrasi yang dinamis, kata Setiawan, pengaduan masyarakat menjadi penting. Pengaduan masyarakat sangat berarti agar kualitas pelayanan semakin meningkat.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x