Pemkot Bandung Usul Green Infrastructure Pembangunan Fly Over Nurtanio

- 28 November 2022, 11:09 WIB
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna /Adpim Kota Bandung/

BERITA KBB - Rencana pembangunan fly over Nurtanio yang membentang dari Jalan Nurtanio hingga Jalan Abdurahman Saleh sepanjang 550 meter akan digarap Agustus 2023. Pembangunan ditargetkan selesai pada April 2024.

Program ini merupakan program dari pemerintah pusat yang dilaksanakan di Kota Bandung untuk mendukung kereta cepat Jakarta-Bandung sebagai bentuk konektivitas.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna menyampaikan, fly over ini menjadi salah satu alternatif pemecah kemacetan di Jalan Nurtanio. 

Baca Juga: Jadwal Moji Senin, 28 November 2022, Akan Tayang FIFA World Cup Qatar 2022, Bisik Hingga Wonderful East Java

"Aspek waktu sudah jelas terukur. Satu lagi fly over akan hadir untuk memecah kemacetan yang ada. Ini sudah lama dimimpikan oleh Kota Bandung," ujar Ema saat berdiskusi bersama pihak Kementerian PUPR, Jumat 25 November 2022.

Namun, ia menekankan agar pembangunan difokuskan pada green infrastucture. Sehingga perlu ada pembenahan drainase dan penghijauan kembali bagi pohon-pohon yang terkena dampak.

"Drainase juga harus diperbaiki. Tadi dari Bappelitbang menyampaikan, tolong dibantu penataan koridor di bawahnya untuk penghijauan. Konsepnya harus infrastuktur hijau," ungkapnya.

Baca Juga: Bagikan Piza Sampai Nyanyi Bersama, Gubernur Jabar Hibur Anak-anak Terdampak Gempa Cianjur

Dasar surat resmi dari pemerintah pusat melalui Satker ke Pemkot Bandung masih diproses sebagai syarat penentuan lokasi (penlok). Sebab tak dipungkiri jika memang dalam proses pembebasan lahan masyarakat jangan sampai dirugikan. 

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x