Kisah Perajin Sepatu Cibaduyut, Bangkit dengan Go Online

- 28 November 2022, 11:13 WIB
Pembeli memilih sepatu Cibaduyut
Pembeli memilih sepatu Cibaduyut /Adpim Kota Bandung/

BERITA KBB - Berbicara tentang fesyen, Kota Bandung memiliki kawasan yang menjadi surganya sepatu lokal, yaitu Cibaduyut.

Cibaduyut sudah sejak lama dikenal sebagai sentra industri sepatu lokal terbesar sekaligus tertua di Kota Bandung. Di sana, banyak aktifitas perdagangan pembuatan sepatu yang dikelola oleh penduduk di sana.

Tengah pekan ini berkesempatan berkunjung ke kawasan Sentra Sepatu Cibaduyut menemui Dindin Kurniadi (41) salah satu perajin sepatu kulit yang ada di Cibaduyut. 

Baca Juga: Jadwal RCTI 28 November 2022, Hari Ini Tayang Go Spot, Preman Pensiun S7, Silet Hingga Ikatan Cinta

Ia sudah belasan tahun berkecimpung di pembuatan sepatu kulit. Usaha pembuatan sepatu kulit ini dimulai Dindin sejak 2007 silam. Ia merupakan generasi kedua meneruskan usaha orang tuanya.

Dindin mengatakan, salah satu motivasi ia terjun menjadi perajin sepatu adalah untuk menjaga kualitas produksi sepatu di Cibaduyut.

"Dulu kan sempat terkenal ya sepatu Cibaduyut tuh 'Bogis' Rabu beli Kamis rusak. Ini kan jadi imej yang memprihatinkan dunia alas kaki di Cibaduyut. Ini jadi motivasi saya bagaimana caranya citra sepatu Cibaduyut ini bisa terangkat kembali. Kita ingin jaga kualitasnya," ujarnya.

Baca Juga: Pemkot Bandung Usul Green Infrastructure Pembangunan Fly Over Nurtanio

Ia bercerita saat masa kejayaannya ia dapat membuat ribuan pasang sepatu per Minggu dengan jumlah pekerja mencapai 35 orang.

Sepatu yang ia buat telah dipasarkan hampir ke seluruh wilayah Indonesia bahkan sampai mancanegara.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x