Ahli Nutrisi Sebut Pizza Menu Sarapan yang Lebih Sehat dari Sereal, Kok Bisa?

- 3 Februari 2023, 10:36 WIB
PIZZA
PIZZA /pixabay/zuzi99/

BeritaKBB - Sereal lama dikenal sebagai menu sarapan alternatif yang menyehatkan dengan segala kandungan gizinya. Namun, sebagian besar makanan sereal ternyata mengandung gula, sehingga nyatanya bukan pilihan yang tepat bagi mereka yang ingin menu sarapan yang betul-betul sehat.

Chelsey Amer, seorang ahli nutrisi asal New York, Amerika Serikat menyebut ada menu sarapan alternatif lain yang cocok untuk pengganti sereal. Akan tetapi, pengganti ini bukan buah-buahan, daging atau sayuran, melainkan sepotong pizza! Apa sebabnya?

“Sepotong pizza mengandung lebih banyak lemak dan lebih sedikit gula daripada sebagian besar sereal dingin. Jadi Anda tidak bakal cepat mengalami sugar crash,” ujar Amer, dikutip BeritaKBB dari Health.com, Jumat 3 Februari 2023.

Baca Juga: Cara Cek Hasil Seleksi PPPK Guru 2022, Klik sscasn.bkn.go.id

Sekadar informasi, sugar crash adalah kondisi di mana glukosa darah menurun di bawah normal, sehingga terjadi penurunan energi secara tiba-tiba. Akibatnya, tubuh malah justru lemas meski sudah sarapan. Bahkan pada anak-anak, sugar crash atau juga disebut sugar rush ini dapat menyebabkan depresi dan kecemasan, sehingga anak sangat mudah rewel.

Sebuah merek sereal raisin, disebutkan mengandung 18 gram gula, mendekati ambang batas harian 25 gram untuk wanita. Selain itu, sereal raisin tersebut juga tidak memiliki kandungan lemak sehat.

Amer juga mengatakan, pizza memiliki lebih banyak protein daripada semangkuk sereal. Maka dari itu, sarapan dengan pizza akan kenyang lebih lama dan mencegah ngemil setelah makan.

Meski demikian, Amer mengingatkan, pizza tetap bukan merupakan menu sarapan yang mutlak sehat. Jadi walau lebih sehat dari sereal yang tinggi kandungan gula, pizza tidak disarankan untuk dijadikan menu sarapan setiap hari.

Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar 5 Februari 2023.Ada BRI Liga 1 Persib Bandung vs PSS Sleman dan Bali United vs barito

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: health.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x