Marak Kasus Penculikan Anak, Apa yang Harus Dilakukan Orang Tua?

- 3 Februari 2023, 20:40 WIB
Kabar penculikan anak marak di medsos. Orang tua perlu memahami langkah-langkah pencegahannya/Instagram @jabarquickresponse.
Kabar penculikan anak marak di medsos. Orang tua perlu memahami langkah-langkah pencegahannya/Instagram @jabarquickresponse. /

BERITA KBB-Wali Kota Bandung, Yana Mulyana sendiri sudah memastikan jika tidak ada penculikan anak di Kota Bandung.

Meski demikian, tampak kekhawatiran orang tua terhadap anaknya meningkat, salah satu ciri terlihat dari ramai kerumunan orang tua di depan sekolah, tempat les, dan sekolah mengaji, yang siap siaga bahkan sebelum bel pulang berbunyi.

Pemandangan ini perlu diketahui jarang terjadi di hari-hari biasanya. Sebetulnya, wajar melihat fenomena tersebut, apapun yang mengancam keselamatan anak dan keluarga memang patut untuk diantisipasi.

Baca Juga: Prediksi Skor Persib Bandung vs PSS Sleman di BRI Liga 1 Indonesia: H2H, Starting Line Up, Peluang Menang

Namun sebenarnya, hal apa yang perlu orang tua lakukan untuk lebih meningkatkan keamanan anak dan keluarga guna mengantisipasi kasus penculikan? Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan!

1. Hindari menyebarkan identitas, informasi, dan foto anak di media sosial

Banyak orang tua tanpa sadar telah memberikan informasi rahasia tentang anak-anak mereka saat berbagi foto di media sosial, terutama ketika merasakan dorongan untuk berbagi kebahagiaan.

Foto tingkah lucu mereka setelah Anda baru saja menjemput mereka dari sekolah, meliput kegiatan hari pertama ia bersekolah, atau momen berharga saat buah hati di rumah, menghabiskan waktu mereka bersama teman-teman, kerabat, atau keluarga Anda.

Giat membagikan foto ini telah memberi jejak berharga bagi para pelaku, terlebih pula menyebabkan hilangnya privasi untuk anak. 

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x