BMKG Perkirakan DKI Jakarta Alami Banjir Rob Pada 3 - 10 Januari 2023, Warga Diminta Waspada!

- 3 Januari 2023, 09:48 WIB
Jakarta banjir (ilustrasi)
Jakarta banjir (ilustrasi) /@jktinfo/
 
 
BERITA KBB - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan potensi banjir pesisir (rob) di sejumlah wilayah pesisir Indonesia, termasuk pesisir DKI Jakarta.
 
Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG, Eko Prasetyo menjelaskan fenomena tersebut diprediksi terjadi pada 6 Januari 2023 karena fenomena bulan purnama. 
 
Akibatnya muncul potensi peningkatan ketinggian pasang air laut maksimum yang bisa menyebabkan banjir rob.
 
 
“Potensi banjir pesisir ini berbeda waktu, hari, dan jam, di setiap wilayah, yang secara umum berdampak pada aktivitas masyarakat di sekitar pelabuhan dan pesisir,” ujar Eko.
 
BMKG memprediksi banjir rob terjadi di pesisir utara DKI Jakarta pada 3-10 Januari 2023. Eko meminta masyarakat wilayah pesisir selalu waspada karena ancaman banjir rob.
 
“Masyarakat diimbau untuk selalu waspada dan siaga untuk mengantisipasi dampak dari pasang maksimum air laut,” ujar Eko.
 
Selain DKI Jakarta, ada 17 daerah lainnya yang diprediksi akan mengalami pasang maksimum air laut dan berpotensi mengalami banjir rob. Daerah itu di antaranya:
 
1. Pesisir Sumatra Barat 6-7 Januari
 
2. Pesisir Bengkulu 6-7 Januari
 
3. Pesisir Kepulauan Riau (Pesisir Kabupaten Karimun) 1-10 Januari
 
4. Pesisir Kepulauan Riau (Pesisir Batu Ampar) 5-10 Januari
 
5. Pesisir Kepulauan Riau (Pesisir Tanjung Uban) 9-10 Januari
 
6. Pesisir Banten 1-5 Januari
 
7. Pesisir utara DKI Jakarta 3-10 Januari
 
8. Pesisir Jawa Barat 1-4 Januari
 
9. Pesisir selatan Jawa Tengah 4-11 Januari
 
10. Pesisir Jawa Timur 5-9 Januari
 
11. Pesisir NTB 5-8 Januari
 
12. Pesisir NTT 1-2 Januari
 
13. Pesisir Kalimantan Barat 6-10 Januari
 
14. Pesisir Sulawesi Utara (Pesisir utara hingga timur Kep. Talaud dan bagian barat dan timur Kep. Sangihe) 1-6 Januari
 
15. Pesisir Sulawesi Selatan 6-8 Januari
 
16. Pesisir Maluku Utara (Pesisir utara Kep. Halmahera) 7-9 Januari
 
 
17. Pesisir Maluku (Pulau Buru, Kota Ambon dan Kep. Lease, Seram bagian Timur, Kota Tual, Kep. Aru, Kep. Tanimbar, Seram bagian barat dan Pulau Banda) 1-10 Januari
 
Sebelumnya BMKG merilis potensi terjadinya hujan intensitas tinggi hingga ekstrem memasuki tahun baru 2023. 
 
Prediksi BMKG, sejumlah wilayah di Indonesia masih akan diguyur hujan hingga pertengahan Januari ini.
 
Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan telah melakukan modifikasi cuaca untuk mencegah hujan ekstrem terjadi di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat pada momen Tahun Baru 2023.
 
“Operasi Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) yang dilakukan guna mencegah cuaca ekstrem dan tingginya intensitas hujan di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat berhasil,” ujar Dwikorita dalam keterangan tertulis.
 
Dwikorita menjelaskan operasi TMC merupakan hasil kolaborasi BMKG bersama BRIN, BNPB, TNI Angkatan Udara, Pemprov DKI dan Jabar, serta Kementerian Perhubungan.
 
Operasi TMC tersebut mulai dilakukan sejak 29 Desember 2022 menggunakan sedikitnya 30 ton NaCl atau garam disemai dengan dua pesawat yaitu Pesawat Cassa 212 dan CN 295 dari Skadron Udara 4 Lanud Abdulrachman Saleh, Malang.
 
"Alhamdulillah, operasi TMC yang digelar untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di wilayah Jabodetabek dan Jawa Barat berjalan sesuai rencana dan bisa dikatakan berhasil, sehingga tidak terjadi hujan ekstrem di wilayah Jabodetabek pada tgl 30 Desember yang lalu, karena berhasil dikurangi intensitasnya," ungkap Dwikorita.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x