Simak! Berikut Keutamaan, Waktu Terbaik, dan Ciri-Ciri Orang yang Berhasil Memperoleh Lailatul Qadar

- 13 April 2023, 13:28 WIB
Simak! Berikut Keutamaan, Waktu Terbaik, dan Ciri-Ciri Orang yang Berhasil Memperoleh Lailatul Qadar
Simak! Berikut Keutamaan, Waktu Terbaik, dan Ciri-Ciri Orang yang Berhasil Memperoleh Lailatul Qadar /Youtube @NS BOR Channel/
 

Berita KBB - Bulan Ramadhan 2023 saat ini sudah mencapai hari ke-22. Umat Muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan suci ini sudah berada di dalam babak 10 hari terakhir Ramadhan, yang mana merupakan waktu untuk mengharapkan kedatangan Lailatul Qadar.

Apakah itu Lailatul Qadar dan apa keutamaan serta waktu terbaik untuk memperolehnya? Mari kita bahas bersama dalam artikel berikut ini.

Pengertian dari Lailatul Qadar atau malam kemuliaan ini dijelaskan dalam Al Quran, tepatnya QS Al-Qadar yang arti terjemahannya adalah sebagai berikut, sebagaimana dikutip dari TafsirWeb:

Baca Juga: Troublemaker Raise Your Gang, Game Karya Anak Bangsa yang Kini Viral dan Link Download PC Banyak Dicari

“Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al Quran) pada malam kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan malaikat Jibril dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan. Malam itu (penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar.”

Berdasarkan QS Al-Qadar, Lailatul Qadar ini erat kaitannya dengan malam diturunkannya Al-Quran (Nuzulul Quran). Seperti diyakini bersama, malam Nuzulul Quran ini terjadi pada 17 Ramadhan, dan sudah dipastikan peristiwanya tidak terjadi pada bulan yang lainnya.

Hal itu sebagaimana dijelaskan dalam QS Al-Baqarah 185 yang artinya berbunyi:

“(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). …”

Meski begitu, sebuah hadits yang diriwayatkan R. Ahmad Bin Hanbal dari Ibnu Umar mengatakan bahwa turunnya Al Quran ini terjadi pada malam ganjil di 10 hari terakhir Bulan Ramadhan, tepatnya pada malam 27 Ramadhan. Berikut bunyi dari hadits tersebut:

“Siapa yang ingin mengintai malam Lailatul Qadar, hendaklah mengintainya pada malam 27 Ramadhan.” (Al-Hadits R. Ahmad bin Hanbal dari Ibnu Umar).

Halaman:

Editor: Siti Mujiati


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x