Fenomena 5 Planet Sejajar, Peristiwa Langka yang Bisa disaksikan dengan Mata Telanjang

- 23 Juni 2022, 09:02 WIB
Waktu yang tepat untuk menyaksikan ke indahan 5 planet sejajar
Waktu yang tepat untuk menyaksikan ke indahan 5 planet sejajar /Youtube @Alvin Channel/
 

BERITA KBB - Planet sejajar atau disebut dengan konjungsi kuitet merupakan fenomena langka yang terjadi 18 tahun sekali serta bisa disaksikan di bumi oleh seluruh warga Indonesia.

Fenomena ini adalah sejajarnya 5 planet, Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, dan Saturnus yang bisa disaksikan di bumi dengan mata telanjang.

Namun agar lebih jelas melihat fenomena langka ini, kalian bisa menggunakan teleskop karena ada beberapa planet yang kurang jelas akibat sinar matahari atau pengaruh pencahayaan di kota.

Baca Juga: Berikut Jadwal Acara TV O Channel Hari Ini 23 Juni 2022, Ada Catchy Cultures Hingga Volleyball Nation's League

Fenomena ini bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia dalam kurun waktu sebelum matahari terbit sampai akhir dari fajar atau sekitar 72-24 menit sebelum munculnya matahari.

Pengamatan tersebut bisa dilakukan tergantung dengan waktu subuh di masing-masing wilayah sesuai dengan lintang geografis dan bujur geografis suatu kota, kurang lebih sekitar jam 04.39 sampai 05.30.

Sebelumnya telah terjadi peristiwa sejajarnya planet, namun tidak dengan jumlah yang banyak, kali ini 5 planet yang sejajar akan terjadi.

Baca Juga: Jadwal Acara Indosiar Hari Ini Kamis 23 Juni 2022, Ada Pintu Berkah Siang hingga Vampire vs. Vampire

Terjadinya fenomena kelima planet ini sejajar bisa kita lihat pada hari esok, tanggal 24 Juni 2022. Sebenarnya persitiwa ini juga pernah terjadi di tahun 2004.

Peristiwa ini juga bukan hal yang akan berdampak terhadap bumi atau sesuatu akan terjadi seperti kiamat. Tenang saja, hal ini hanyalah fenomena alam semesta yang langka.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x