Kilas Kisah Gilang Aditya Suhendri, PMI Merangkap Mahasiswa dan Aktivis Universitas Terbuka Pokjar Korea

- 8 November 2022, 14:01 WIB
Gilang (no 3 dari kanan) Swafoto selepas menjalankan tugas sebagai Paskibraka Seoul 2019. Foto diambil di Istana Gyeongbukgung, Seoul, Korea Selatan.
Gilang (no 3 dari kanan) Swafoto selepas menjalankan tugas sebagai Paskibraka Seoul 2019. Foto diambil di Istana Gyeongbukgung, Seoul, Korea Selatan. //Dok.Gilang

BERITA KBB- Korea Selatan adalah salah satu negara tujuan favorit PMI karena gaji yang ditawarkan jauh lebih tinggi dibandingkan di Indonesia untuk pekerjaan yang sama.

Baru-baru ini, tepatnya Senin, 17 Oktober 2022 Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah melepas 597 Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Korea Selatan untuk bekerja di sektor manufaktur dan perikanan.

Dengan gaji yang besar, PMI korea banyak yang mengisi waktu luang dan liburnya untuk kegiatan positif termasuk kuliah di Universitas Terbuka. Yuk kenalan dengan salah satu mahasiswa Universitas Terbuka Pokjar Korea Selatan yang juga aktif di berbagai organisasi kemahasiswaan, Gilang Aditya Suhendri.

Baca Juga: Bersama Suara Kita, VEI Hadiri Peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di KBRI Singapura

Foto bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan kala itu, Bpk. Umar Hadi. Upacara digelar di area KBRI Seoul. Ini merupakan upacara terbuka terakhir sebelum pandemi Covid-19 menimpa kita semua. Acara tersebut turut dihadiri beberapa pesohor negeri, salah satunya Helmi Yahya.
Foto bersama Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan kala itu, Bpk. Umar Hadi. Upacara digelar di area KBRI Seoul. Ini merupakan upacara terbuka terakhir sebelum pandemi Covid-19 menimpa kita semua. Acara tersebut turut dihadiri beberapa pesohor negeri, salah satunya Helmi Yahya. Dok.Gilang

Gilang Aditya Suhendri, seorang PMI di Korea Selatan merangkap mahasiswa Universitas Terbuka (UT) Pokjar Korea yang bekerja di sebuah pabrik di kota Hwaseong, Gyeonggi-do.

Kota Cirebon, Jawa Barat Indonesia
Kota Cirebon, Jawa Barat Indonesia Dok.Antara

Pahlawan Devisa asal Cirebon Jawa Barat ini mengawali karirnya di bagian packing selama 2 tahun. Ia lalu dipercaya untuk menjadi kepala gudang selama 4 tahun terakhir.

Gilang datang ke Korea pertama kali pada tahun 2016 dengan impian memiliki masa depan yang lebih baik dan membantu perekonomian keluarga.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Wawancara Eksklusif


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x