Nyerah Maju Pilpres 2024, Erick Thohir Sosok Paling Potensial Jadi Ketum PSSI

- 17 Januari 2023, 11:07 WIB
Erick Tohir
Erick Tohir /instagram.com/erickthohir/
 
 
BERITA KBB - Pengamat Politik dari Citra Institute Efriza menilai Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menyerah berjuang maju sebagai calon wakil presiden pada 2024 mendatang sehingga ikut menyalonkan diri sebagai Ketua Umum PSSI.
 
"Erick Thohir ditenggarai sudah menyerah untuk ikut berjuang sebagai calon wakil presiden. Ini ditunjukkan dengan ia banting setir maju sebagai Ketua Umum PSSI," ujar Efriza.
 
Efriza menilai, dengan berbagai pengalaman kerja Erick Thohir sebagai menteri, maupun di dunia sepak bola, dia sangat berpotensi terpilih sebagai Ketum PSSI.
 
 
"Dengan pengalamannya di dunia sepakbola dalam negeri dan mancanegara, juga banyaknya dukungan untuk dirinya dari berbagai klub, dan juga ia berada di posisi strategis kementerian negaea nampaknya Erick Thohir lebih potensial untuk menang," ucapnya.
 
Di sisi lain, kata Efriza, Erick Thohir juga punya komitmen yang kuat bahwa dirinya ingin membenahi sepak bola Indonesia. Maka, tak memungkinkan lagi dia menjadikan sepak bola tanah air sebagai batu loncatannya.
 
"Sebab membenahi Sepak bola di Indonesia tidaklah mudah dan cepat. Jadi kecil kemungkinan akan terjadi, Erick andai terpilih lalu meninggalkan posisinya untuk maju sebagai cawapres," ujarnya.
 
Sebagaimana diketahui, Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, Menteri BUMN, Erick Thohir, sudah meminta izin kepada Presiden Joko Widodo untuk maju sebagai calon Ketua Umum PSSI.
 
 
Sebelumnya, Erick mendaftar jadi calon ketua umum untuk bersaing dengan Ketua DPD RI, La Nyalla Mattaliti, menjadi orang nomor satu PSSI. 
 
Keduanya juga ditantang CEO Bandung Premier League, Doni Setiabudi, mendaftarkan diri sebagai calon Ketua Umum PSSI.
 
"Pak Erick maju, pasti sudah minta izin ke presiden, gak mungkin Erick maju tanpa izin presiden, sehingga beliau secara resmi sudah ajukan diri jadi calon," ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin 16 Januari 2023.
 
Pratikno menegaskan, Presiden Jokowi tak akan melakukan intervensi. Saat ini, ada dua orang yang mencalonkan sebagai Ketua Umum PSSI, yakni Erick Thohir dan Lanyalla Mahmud Mattalitti.
 
"Jadi, beliau (Presiden Jokowi) tidak akan melakukan intervensi, akan serahkan ke PSSI sepenuhnya," ujarnya.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x