Kondisi Lukas Enembe Kian Membaik Usai Sempat Dirawat di RSPAD Setelah Ditangkap KPK

- 17 Januari 2023, 11:08 WIB
Tersangka Gubernur Papua Lukas Enembe (tengah) yang duduk di kursi roda dikawal petugas menuju mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis, 12 Januari 2023.
Tersangka Gubernur Papua Lukas Enembe (tengah) yang duduk di kursi roda dikawal petugas menuju mobil tahanan usai menjalani pemeriksaan di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis, 12 Januari 2023. /Reno Esnir/ANTARA
 
 
BERITA KBB - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengungkapkan bahwa Gubernur nonaktif Papua, Lukas Enembe, saat ini berada dalam kondisi yang baik di dalam tahanan. Politikus Partai Demokrat itu disebut sudah bisa beraktivitas sendiri.
 
"Informasi yang kami terima, tersangka LE dalam kondisi baik, stabil, bisa beraktivitas sendiri, seperti makan, mandi dan lain - lain di dalam Rutan KPK," ujar Juru Bicara KPK Ali Fikri dalam keterangan yang dikutip pada Senin 16 Januari 2023.
 
Meski begitu, KPK tetap menyiagakan Tim Dokter di Rutan. Dokter itu bersiaga untuk memantau kesehatan para tahanan, termasuk Lukas Enembe.
 
 
"Tim dokter Rutan KPK juga selalu memantau rutin kesehatannya, termasuk obat yang dikonsumsinya diberikan sesuai prosedur," ujarnya.
 
Ali menegaskan bahwa KPK selalu memenuhi hak tersangka KPK meski berada di dalam tahanan. Selain itu, tidak ada tahanan yang mendapat perlakuan khusus dari KPK.
 
"Ini seperti halnya perlakuan yang sama terhadap tahanan KPK lainnya," ujarnya.
 
Seperti diketahui, Lukas Enembe akhirnya ditangkap KPK pada Rabu, 11 Januari 2023. Ia ditangkap ketika sedang makan papeda di sebuah rumah makan di Jayapura.
 
 
Setelah ditangkap, Enembe digiring dengan pengawalan ketat ke Bandara Sentani, Papua untuk diterbangkan ke Jakarta.
 
Peristiwa ini mengirimkan pesan dan kabar kepada seluruh birokrasi negara untuk jangan bermain - main dengan hukum dan dengan tindakan atau kelakuan koruptif. Sebab, sejumlah massa melakukan perlawanan saat mengetahui kabar tersebut.
 
Setibanya di Jakarta, Lukas Enembe langsung dibawa kee RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat untuk menjalani serangkaian pemeriksaan. 
 
Ia sempat merasakan empuknya kasur rumah sakit selama semalam, sebelum akhirnya ditahan di Rutan Pomdam Jaya Guntur.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x