Siklon Tropis Herman: Awal Mula, Perkembangan, dan Dampak Seriusnya di Tanah Air

- 31 Maret 2023, 15:00 WIB
Waspada Siklon Herman melanda wilayah Jawa
Waspada Siklon Herman melanda wilayah Jawa /weatherzone

 

Berita KBB - Cuaca hujan lebat yang terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia pada Kamis 30 Maret 2023 tadi malam, rupanya merupakan dampak dari melintasnya siklon tropis Herman di wilayah Samudra Hindia selatan Indonesia.

Menurut laporan peringatan dini cuaca ekstrem yang dikeluarkan BMKG pada Kamis siang kemarin, siklon tropis Herman ini berpotensi sebabkan cuaca ekstrem hujan lebat disertai petir dan angin kencang di sebagian besar wilayah Indonesia hingga Sabtu 1 April 2023.

Dalam laporan itu, dijelaskan bahwa siklon tropis Herman terpantau bergerak dari timur ke tenggara dengan kecepatan 55 knot atau sekitar 100 kilometer per jam. Diperkirakan dalam 24 jam ke depan, siklon tropis ini akan melemah dan bergerak menjauhi wilayah Indonesia.

Baca Juga: Sinopsis Melur Untuk Firdaus 31 Maret 2023: Melur Berbohong, Fir Tuduh Tak Setia!

Apa itu siklon tropis Herman? Menurut laman Weatherzone Australia, siklon tropis ini berawal dari pantai barat laut Australia, tepatnya 500 kilometer selatan barat daya Pulau Christmas.

Siklon tropis ini bergerak ke arah tenggara menuju benua Australia, tapi diperkirakan kekuatannya akan melemah sebelum mencapai wilayah pesisir pantai. Pada malam Jumat tadi, intensitas siklon sudah melemah setelah mencapai puncaknya pada Kamis siang.

Weatherzone Australia juga menyebutkan bahwa mulai Jumat malam nanti, siklon Herman akan bergerak ke barat menjauhi Australia sambil terus menerus melemah. Sehingga, siklon tropis ini tidak akan berdampak ke daratan Australia maupun wilayah pulau di sekitarnya.

Kemunculan siklon tropis pada bulan Maret 2023 yang masih jauh dari musim panas ini, bukanlah merupakan hal yang tidak biasa. Diketahui, musim siklon tropis di Australia berlangsung selama 6 bulan, dari 1 November hingga 30 April.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x