Update Potensi Cuaca Ekstrem 19-25 September 2023, Hujan Guyur Sebagian Sumatra, Kalimantan dan Daerah Berikut

- 19 September 2023, 09:52 WIB
Update Potensi Cuaca Ekstrem 19-25 September 2023, Hujan Guyur Sebagian Sumatra, Kalimantan dan Daerah Berikut
Update Potensi Cuaca Ekstrem 19-25 September 2023, Hujan Guyur Sebagian Sumatra, Kalimantan dan Daerah Berikut /
 

 

Berita KBB - Berikut update peringatan dini potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia dalam kurun waktu sepekan ke depan pada 19-25 September 2023. Cek apakah provinsi wilayah domisili Anda termasuk yang terdampak kondisi cuaca tersebut.


Menurut laporan peringatan dini cuaca ekstrem yang dirilis BMKG Senin 18 September 2023, pada sepekan ke depan hujan sedang hingga lebat diprediksi terjadi di Sumatra bagian utara dan tengah, Kalimantan bagian barat dan utara, Sulawesi bagian tengah, Maluku, Papua Barat dan Papua.

 

Potensi cuaca ekstrem ini dipengaruhi oleh sirkulasi siklonik di Laut Sulu selatan Filipina dan di Samudera Pasifik timur Filipina, yang membentuk daerah konvergensi dari Laut Sulu hingga Laut Sulawesi, dari perairan Kepulauan Sangihe-Talaud hingga Laut Sulu, dan dari Samudera Pasifik utara Papua Barat.

 

Baca Juga: Shopee Live Ditantang TikTok Live, Siapa Juara Live Shopping Indonesia? Pertempuran Makin Sengit

 

Daerah konvergensi juga membentang dari Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat dan dari Sulawesi Selatan hingga Sulawesi Tengah, yang dapat meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di daerah-daerah tersebut.


BMKG memprediksi potensi hujan tersebut kemungkinan terjadi di Aceh, Sumatra Utara, Sumatra Barat, Riau, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Maluku Utara, Papua Barat, dan Papua.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: BMKG


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x