Waduh ! Pemerintah Tuding Ada Dalang Dibalik Demo Tolak Omnibus Law Cipta Kerja, Siapakah Dia?

- 8 Oktober 2020, 17:05 WIB
Demonstran berunjuk rasa menolak pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (8/10/2020). Unjuk rasa tersebut berakhir ricuh dan mengakibatkan sejumlah fasilitas umum rusak.
Demonstran berunjuk rasa menolak pengesahan Undang-Undang Cipta Kerja atau Omnibus Law di Cirebon, Jawa Barat, Kamis (8/10/2020). Unjuk rasa tersebut berakhir ricuh dan mengakibatkan sejumlah fasilitas umum rusak. / ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/aww.


BERITA KBB- Pemerintah menuding ada dalang dibalik demonstrasi besar-besaran di Indonesia terkait penolakan omnibus Law UU Cipta Kerja. Bahkan, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menyatakan, pemerintah mengetahui siapa dalang dibalik demo RUU Ciptaker yang berlangsung sejak Senin 5 Oktober 2020 hingga hari ini, Kamis 8 Oktober 2020.

Airlangga menduga, dalang tersebut berasal dari kaum elite dan intelektual.

"Sebetulnya, pemerintah tahu siapa yang demo itu, kami tahu siapa yang menggerakkan, siapa sponsornya, siapa yang membiayai. Pemerintah sudah tahu siapa tokoh-tokoh intelek dibalik penggerak demo," ucap Airlangga dalam sebuah program acara disalah satu TV Nasional, Kamis 8 Oktober 2020 seperti yang dikutip dari RRI.

Baca Juga: Pemain Liga Jerman Borussia Dortmund positif Covid-19

Baca Juga: Dalami Kasus pemotongan uang dan gratifikasi di Kabupaten Bogor, KPK Panggil Sekda Kota Bogor

Dengan tidak merinci dan menyebutkan pihak yang dituduh, Airlangga hanya menyatakan, aktor di balik demo buruh sudah pasti berasal dari kaum elite dan intelektual. Pasalnya, ia mengklaim, empat federasi pekerja atau buruh besar sudah mendukung Omnibus Law Cipta Kerja, dan Airlangga yakin aktor di balik layar demo mempunyai kepentingan dan tujuan lain dari aksi itu.

"Ada empat federasi buruh yang mendukung undang-undang ini, empat federasi buruh ini besar dan menjadi basis daripada (pembahas di kluster) ketenagakerjaan. Tokoh-tokoh intelektual ini saya lihat mempunyai ego sektoral yang cukup besar karena tokoh ini tidak ada di lapangan, mereka ada di balik layar," ujar Ketua Umum Partai Golkar itu.

Selain itu, Airlangga juga mengatakan, telah memiliki bukti soal keterlibatan itu. Bukti soal mengenai persiapan demo yang sudah dilakukan sejak jauh hari, sebelum pengesahan RUU Ciptaker dilakukan oleh badan legislatif.

Baca Juga: Demo Omnibus Law UU Cipta Kerja, Warganet Ramai Pertanyakan Ke Mana Rieke Diah Pitaloka

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky

Sumber: RRI


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x