2401 Kejadian Bencana Terjadi Hingga Oktober, Hidrometeorologi Dominasi Bencana di Tanah Air

- 1 November 2020, 23:13 WIB
Seorang warga RT 009, RW 01, Kelurahan Manggarai duduk di dalam rumahnya setelah sempat tergenang banjir, Selasa dini hari (19/5/2020).*
Seorang warga RT 009, RW 01, Kelurahan Manggarai duduk di dalam rumahnya setelah sempat tergenang banjir, Selasa dini hari (19/5/2020).* /ANTARA/

BERITA KBB -  Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap ancaman bahaya hidrometeorologi yang dapat berujung bencana.

Memasuki musim hujan, fenomena La Nina dapat berdampak buruk pada curah hujan yang dapat disertai kilat atau petir dan angin kencang.

Menyikapi potensi bahaya hidrometeorologi, Kepala BNPB Doni Monardo mengimbau masyarakat untuk waspada dan siap siaga. Ia mengingatkan warga yang rumahnya berada di kemiringan lebih dari 30 persen atau rawan longsor untuk lebih berhati-hati. Salah satu pemicu yang patut diwaspadai apabila terjadi curah hujan lebat dengan durasi lama.

Baca Juga: Bikin Ngakak! Postingan Terbaru Lee Min Ho Dibanjiri Komentar Netizen Indonesia

“Ikuti terus info BMKG,” ujar Doni yang juga Ketua Satuan Tugas Penanganan Covid-19 melalui pesan digital, Minggu 1 November 2020.

Ia juga meminta warga untuk mengantisipasi pohon yang mudah tumbang atau patah batangnya sehingga jangan berada di bawah pohon.

“Serta waspadai tiang listrik yang korsleting dan roboh tertimpa pohon,” tambahnya.

Baca Juga: Dua Gempa Dalam Waktu Berdekatan Terjadi di Kabupaten Pangandaran dan Kabupaten Bandung

Di saat hujan lebat yang disertai angin kencang, warga harus waspada apabila memilih tempat untuk berlindung. Hindari pohon atau pun papan baliho yang setiap saat dapat berpotensi roboh.

Pada awal September 2020 lalu, BNPB telah meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di tingkat provinsi, kabupaten dan kota untuk meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi potensi bahaya hidrometeorologi, salah satunya dengan melakukan koordinasi multipihak di setiap wilayah administrasi.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x