Sejumlah Tokoh Daerah Tolak Kedatangan Timnas U-20 Israel, Ada Apa?

- 28 Maret 2023, 06:15 WIB
Logo Piala Dunia U20 Indonesia.  Sejumlah Tokoh Daerah Tolak Kedatangan Timnas U-20 Israel, Ada Apa?
Logo Piala Dunia U20 Indonesia. Sejumlah Tokoh Daerah Tolak Kedatangan Timnas U-20 Israel, Ada Apa? /Dok.PSSI/
 
 
 
BERITA KBB - Pejabat (PJ) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono angkat bicara terkait rencana kedatangan timnas U-20 Israel.
 
Menyusul penolakan Bali dan Jawa Tengah lewat Gubernur Wayan Koster serta Ganjar Pranowo, opsi Timnas Israel U-20 untuk berlaga kian sempit. Kini, hanya ada Jakarta, Surabaya, serta Palembang, yang bisa menampung Israel untuk bertanding.
"Itu urusan PSSI," ujarnya kepada media usai rapat persiapan HUT ke-78 Kemerdekaan RI di Balai Kota, Senin, 27 Maret 2023.
 
Beberapa tokoh daerah diketahui sangat menentang kedatangan timnas Israel U-20 yang bermain di Indonesia. 
 
 
Yang terbaru, Gubernur Bali Wayan Koster dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranovo juga menyampaikan penolakannya atas kedatangan timnas U-20 Israel.
 
Keduanya menentang masuknya timnas U-20 Israel karena memandang negara tersebut sebagai penjajah Palestina dan mendukung kemerdekaan negara Palestina.
 
Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia (RI) Muhadjir Effendy mengatakan sudah mengetahui posisi kedua gubernur tersebut. 
 
Ia mengatakan akan segera menghubungi I Wayan Koster dan Ganjar Pranowo terkait hal tersebut.
 
 
Selain itu, Bali dan Solo merupakan dua dari enam tempat penyelenggaraan Piala Dunia U20. 
 
Timnas U-20 Israel bahkan disebut akan bermain di Stadion Manahan Solo. Oleh karena itu, restu dari dua gubernur sangat penting.
 
"Saat ini kami masih dalam proses (komunikasi), hanya saja sebenarnya ini bukan domain saya sebagai Pj Menpora. Harusnya domain FIFA, tapi semuanya masih kami persiapkan," ujarnya, Sabtu 25 Maret 2023.
 
Muhadjir tidak dapat memberikan perincian kapan sejauh mana komunikasi itu dikonfirmasi. Dia meminta hadirin untuk bersabar mendengarkan hasil perundingan Kemenpora dengan kedua gubernur tersebut.*** 
 
 

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Berbagai Sumber


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x