Hari Batik Nasional 2 Oktober 2023, Jokowi: Bangsa Indonesia Patut Bersyukur Memiliki Batik

- 2 Oktober 2023, 16:00 WIB
Berikut 5 kota penghasil batik tercantik di Indonesia
Berikut 5 kota penghasil batik tercantik di Indonesia /@rsbp.batam/Instagram
 

Berita KBB - Momentum peringatan Hari Batik Nasional dimeriahkan dengan fashion show Istana Berbatik yang digelar di depan Istana Merdeka, DKI Jakarta, Minggu 1 Oktober 2023.


Dikutip dari laman Kemenparekraf, sebanyak 506 peraga yang terdiri dari para menteri, wakil menteri beserta pasangan, gubernur se-Indonesia, duta besar negara sahabat, perwakilan BUMN, perwakilan Kraton Yogyakarta, Solo dan Cirebon, model dan figur publik memeriahkan Istana Berbatik dalam momentum Hari Batik Nasional 2 Oktober.


Ketua Penyelenggara Istana Berbatik Angela Tanoesoedibjo mengatakan, event ini selain dalam rangka memperingati Hari Batik Nasional 2 Oktober, tapi juga untuk menunjukkan kekayaan warisan budaya Indonesia.

 

Baca Juga: Sinopsis Daftar Pemain FTV Mba Mba SCBD Kepincut Pemulung, Rachquel Nesia dan Masaji Wijayanto, Tayang 12:30 W


"Kami merancang (event) ini dengan tujuan untuk menyampaikan pesan bahwa batik adalah warisan budaya Indonesia yang tak lekang oleh waktu, terus relevan dari masa ke masa dengan dukungan masyarakat Indonesia yang senantiasa memakai batik dan mempromosikannya ke pasar Internasional," ujar Angela yang juga Wamenparekraf ini, seperti dikutip Berita KBB dari laman Kemenparekraf.


Pada kesempatan sama, Menparekraf Sandiaga Uno mengatakan, Indonesia memiliki beraneka ragam motif batik yang tersebar di berbagai daerah dan memiliki makna yang berbeda-beda. Dirinya menekankan bahwa batik merupakan entitas budaya bangsa yang menjadi milik Nusantara, tidak hanya milik suku tertentu.

 

“Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak berbagai lapisan masyarakat agar dapat mencintai dan melestarikan budaya Indonesia, dalam hal ini batik sebagai warisan budaya bangsa yang telah mendapatkan pengakuan dari UNESCO,” ujar Sandiaga.

 

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: Kemenparekraf


Tags

Artikel Pilihan

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x