Tips Memilih Sekolah untuk Anak Jelang Tahun Ajaran Baru

- 16 Januari 2024, 12:30 WIB
Kepala Sekolah PG-TK Darul Hikam 2 Rinna Komalasari menyambut kedatangan siswa di PGTK 2 Darul Hikam, Kabupaten Bandung.
Kepala Sekolah PG-TK Darul Hikam 2 Rinna Komalasari menyambut kedatangan siswa di PGTK 2 Darul Hikam, Kabupaten Bandung. /Ade Bayu Indra/Berita KBB/

BERITA KBB - Memilih sekolah yang tepat untuk sang buah hati merupakan keputusan yang sangat penting, karena dapat berdampak besar pada pendidikan dan pengembangan masa depan mereka.

Tujuan memilih sekolah melibatkan pertimbangan dari berbagai aspek untuk memastikan bahwa lingkungan pembelajaran dan pengembangan anak sesuai dengan kebutuhannya.

Begitu juga Pendidikan dalam konteks islam dimana bukan hanya mencakup  aspek akademis, tetapi juga pengembangan moral, spiritual dan sosial seperti dalam Q.S An-Nisa ayat 9 : “Dan hendaklah takut (kepada Allah) orang-orang yang sekiranya mereka meninggalkan keturunan yang lemah di belakang mereka yang mereka khawatir terhadap (kesejahteraan)nya.Oleh sebab itu, hendaklah mereka bertakwa kepada Allah, dan hendaklah mereka berbicara dengan tutur kata yang benar”.

Baca Juga: Bangun Kemandirian, TK 1 Darul Hikam Adakan Amazing Camp di Lembang

Dari ayat al-qur’an tersebut kita dapat belajar bagaimana orang tua dapat mempersiapkan anak dengan mendidik dan memilih lingkungan yang baik yaitu sekolah.

Bagaimana caranya agar kita sebagai orang tua tidak salah memilih pendidikan untuk buah hati? berikut tips untuk memilih sekolah menurut Kepala Sekolah PG-TK Darul Hikam 2 Rinna Komalasari.

"Orang tua dapat mengindentifikasi kebutuhan dan minat sang anak, hal ini sangat dibutuhkan untuk anak agar mereka dapat berkembang sesuai dengan kebutuhannya dan juga dapat mengoptimalkan seluruh potensinya," katanya.

Baca Juga: Program TJSL, Kolaborasi Darul Hikam dan Bank BTN Salurkan Ribuan Bantuan Paket Sembako untuk Warga

Rinna menambahkan langkah selanjutya adalah mencari sebanyak-banyak informasi tentang sekolah-sekolah yang diminati oleh orang tua dan juga anak seperti kurikulum yang dilaksanakan disekolah, kegiatan-kegiatan baik akademik maupun non akademik, prestasi yang diraih oleh sekolah dan juga alumni yang telah berhasil, memastikan lingkungan sekolah seperti fasilitas sarana dan prasarana dan juga kebersihan, serta keamanan untuk siswa.

Halaman:

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x