Cukup Mudah, Begini Cara dan Syarat Pengajuan KUR Bank Mandiri. Limit Hingga Rp 500 Juta

- 10 Juli 2022, 15:28 WIB
Tangkapan Layar logo Bank Mandiri
Tangkapan Layar logo Bank Mandiri /Miju/mediainfokarir.id

 

 
BERITA KBB - KUR atau Kredit Usaha Rakyat merupakan kredit yang disediakan perbankan untuk UMKM dan bersifat feasible.
 
Tujuan dari produk KUR ini untuk meningkatkan pelayanan Bank Mandiri terhadap UMKM agar lebih produktif dan meningkatkan daya saing.
 
Kontribusi terhadap perkembangan UMKM dinilai dapat mendorong pertumbuhan ekonomi, membuka lapangan pekerjaan, serta mengurangi tingkat kemiskinan.
 
 
KUR Bank Mandiri menawarkan bunga yang cukup rendah. Hal ini diharapkan tidak membebani pelaku UMKMK dan dapat mendorong perkembangan bisnisnya. 
 
Terdapat 5 jenis KUR yang ditawarkan Bank Mandiri. Kamu dapat memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Berikut 5 jenis Kredit Usaha Rakyat milik Bank Mandiri.
 
KUR Mandiri 2022 memiliki 5 jenis kredit. Mengutip dari bankmandiri.co.id, berikut kelima jenis Kredit Usaha Rakyat yang dapat kamu pilih.
 
 
1. KUR Super Mikro
 
KUR Super Mikro menawarkan limit kredit maksimal di jumlah Rp 10 juta per debitur. Adapun jangka waktu yang diberikan yaitu maksimal 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan maksimal 5 tahun untuk Kredit Investasi.
 
2. KUR Mikro
 
KUR Mikro merupakan jenis kedua dari KUR Mandiri. Kredit ini menawarkan limit pinjaman mulai dari Rp 10 juta hingga Rp 50 juta. Untuk jangka waktu yang tersedia maksimal 3 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan maksimal 5 tahun untuk Kredit Investasi.
 
3. KUR Kecil
 
KUR Kecil menawarkan limit kredit yang lebih besar dari 2 jenis KUR sebelumnya. Limit kredit yang ditawarkan mulai dari Rp 50 juta hingga Rp 500 juta. Untuk jangka waktu yang dapat dipilih yaitu maksimal 4 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan maksimal 5 tahun untuk Kredit Investasi.
 
 
4. KUR Penempatan TKI
 
KUR Penempatan TKI ditujukan untuk pekerja TKI selama masa kerjanya. Limit kredit yang ditawarkan pun hingga Rp 25 juta rupiah. Jangka waktu yang diberikan pun paling lama 3 tahun atau sama dengan masa kontrak kerja.
 
5. KUR Khusus
 
KUR Khusus ditujukan untuk kelompok yang mengelola mitra usaha seperti komoditas perkebunan rakyat dan peternakan rakyat serta perikanan rakyat, industri Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah, atau komoditas sektor produktif lain.
 
Limit kredit yang diberikan sampai dengan Rp 500 juta dengan jangka waktu maksimal 4 tahun untuk Kredit Modal Kerja dan maksimal 5 tahun untuk Kredit Investasi.
 
Pinjaman KUR di Bank Mandiri menawarkan cicilan angsuran yang sangat ringan untuk kredit usaha. Karena bunga di subsidi oleh pemerintah.
 
Dokumen Persyaratan
 
Apabila Anda berminat mengajukan KUR Bank Mandiri, berikut ini dokumen - dokumen yang harus Anda persiapkan seperti dilansir dari Bank Mandiri.
Bagi Perorangan:
 
• Formulir aplikasi yang asli (formulir tersedia di bank)
 
• Fotokopi KTP suami istri dan KK
 
• Pas foto suami istri
 
• Surat Keterangan Usaha atau SIUP
 
Bagi Perusahaan atau Badan Usaha:
 
• Formulir aplikasi yang asli (formulir tersedia di bank)
 
• Fotokopi KTP pengurus
 
• Surat Keterangan Usaha atau SIUP
 
• Akte Pendirian dan Akta Perubahan
 
• Laporan keuangan
 
• Fotokopi NPWP apabila mengajukan plafond lebih dari Rp 50 juta
 
Cara Daftar KUR Bank Mandiri
 
Setelah semua dokumen persyaratan siap, Anda langsung dapat mengajukan pinjaman KUR dengan langkah - langkah berikut ini.
 
• Pastikan kelengkapan semua dokumen.
 
• Kunjungi kantor Bank Mandiri terdekat.
 
• Anda akan diarahkan ke petugas bank yang bersangkutan, lalu utarakan tujuan Anda mengajukan KUR
 
• Petugas bank akan mengunjungi rumah Anda, lalu melakukan verifikasi data
 
• Setelah proses verifikasi selesai, tunggulah sampai pihak bank menginformasikan diterima/ditolak pengajuan KUR Anda
 
Kelebihan KUR Bank Mandiri
 
Penambahan modal yang tepat untuk usaha yaitu melalui KUR ketimbang jenis pinjaman lainnya. Pasalnya, selain suku bunga yang rendah, KUR juga membantu meningkatkan pasar serta adanya reformasi regulasi UMKM yang mendukung keberlanjutan usaha tersebut.
 
Keseriusan pemerintah dalam meningkatkan pemberdayaan UMKM juga terlihat dari hasil putusan Rapat Koordinasi Komite Kebijakan Perekonomian pada 12 November 2019 yaitu:
 
• menurunkan suku bunga pinjaman dari 7% menjadi 6% per 1 Januari 2020
 
• meningkatkan plafon (jumlah pinjaman) KUR secara bertahap dari Rp190 Triliun (2020) hingga Rp 325 Triliun (2024)
 
• meningkatkan plafon KUR Mikro dari Rp25 juta menjadi Rp 50 juta per debitur
 
Dari sisi persyaratan, KUR menerima pengusaha dengan pengalaman bisnis 6 bulan. Ini artinya pengusaha pemula sudah bisa mengajukan KUR.
 
Untuk plafon, KUR Bank Mandiri bisa memberikan sampai Rp 500 juta. Jumlah yang cukup fleksibel buat pengusaha.
 
Produk KUR cukup luas dan beragam, misalnya bisa untuk TKI dan ada KUR khusus, sehingga bisa memberikan pinjaman dengan spektrum yang luas.
 
Buat mereka yang berada di wilayah operasional Bank Mandiri, ini kesempaatan untuk mengajukan KUR lewat Bank Mandiri. Bank Mandiri akan lebih paham lokalisasi dan kondisi di daerahnya.
 
Kelemahan KUR Bank Mandiri
 
Kelemahan utama adalah persyaratan yang cukup ketat, terutama untuk pengusaha yang sudah punya pinjaman sebelumnya, tidak diperbolehkan untuk mengajukan KUR Bank Mandiri.
 
KUR juga tidak bisa untuk pengusaha yang lama usahanya dibawah 6 bulan. Berlaku ketentuan bahwa pengusaha harus punya usaha minimum 6 bulan.
 
Pengajuan KUR ini terbilang mudah seperti pengajuan pinjaman lainnya.
 
Apalagi jika dokumen persyaratan lengkap dan diisi dengan jujur, tentunya akan mempermudah proses pengajuan dan verifikasinya.***
 

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x