Pembuat Aplikasi Penipuan Berkedok Undangan Pernikahan Berhasil Ditangkap di Sulsel

- 2 Februari 2023, 14:59 WIB
Pembuat Aplikasi Penipuan Berkedok Undangan Pernikahan Berhasil Ditangkap di Sulsel
Pembuat Aplikasi Penipuan Berkedok Undangan Pernikahan Berhasil Ditangkap di Sulsel /ANTARA/

BERITA KBB – Tim Cyber Mabes Polri berhasil menangkap seorang pria berinisial IA di Sulawesi Selatan, berdasarkan laporan korbannya.

Pelaku adalah pembuat Surat Elektronik (Surel) dalam bentuk aplikasi undangan pernikahan yang digunakan jaringannya untuk menguras isi saldo tabungan milik para korban.

“Pembuatnya ini sudah ditangkap Tim Cyber Mabes Polri berdasarkan laporan korbannya,” ujar Kepala Sub Direktorat Cyber Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Sutomo, saat dimintai konfirmasi oleh wartawan di Makassar, Rabu, 1 Februari 2023.

Baca Juga: Hari Lahan Basah Sedunia: Jenis dan Penyebarannya di Indonesia

“Jaringannya yang beli aplikasi tersebut. Sudah ada satu pelaku diamankan di Sumatera dan satu di Kabupaten Wajo. Saat ini kami sedang menangani perkaranya,” ucapnya.

Akhirnya diketahui, bahwa pelaku berinisial AI berstatus mahasiswa, berusia 20 tahun dan asalnya dari Kabupaten Pinrang, Sulsel.

Pelaku mengaku membuat aplikasi tersebut lalu diperjualbelikan, kemudian si pembeli memanfaatkan aplikasi itu sebagai media kejahatan, yaitu menipu dan meraup uang para korbannya.

Baca Juga: Download Lagu MP3 Terbaru 2023 dari Video Youtube Gratis, Gunakan Cara Unduh Tanpa Gudang Lagu atau MP3Juice

Modus yang dijalankan para pelaku yaitu dengan menyebarkan secara acak ke media sosial WhatsApp dengan bentuk surel atau aplikasi (apk), yang berisikan dokumen bertuliskan undangan pernikahan.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah