BI Tasikmalaya Bersama Pemkab Ciamis Ajak Pengelolaan Retribusi Daerah Gunakan Web R atau WEB Register

- 15 Juni 2024, 07:13 WIB
Pemkab Ciamis gunakan Web R untuk pengelolaan retribusi daerah.
Pemkab Ciamis gunakan Web R untuk pengelolaan retribusi daerah. /M Ridwan Anshori/

BERITA KBB - Bertepatan dengan event Galuh Digital Festival (GDF) Bank Indonesia Tasikmalaya Bersama Pemerintah Daerah Kabupaten Ciamis mengajak seluruh elemen bersama-sama meresmikan Web R (Sistem Informasi WEB Register) Kabupaten Ciamis.

Web R ini merupakan aplikasi terintegrasi dalam pengelolaan retribusi daerah. Salah satunya di Kabupaten Ciamis yang diluncurkan di Lokasana, Kabupaten Ciamis, Jumat (14/6/2024).

Menurut Kepala Kantor BI Tasikmalaya Aswin Kosotali, Web R merupakan bentuk komitmen OPD pengelola retribusi daerah dalam mendukung transparansi pengelolaan retribusi secara real time untuk mengoptimalkan pendapatan asli daerah Kabupaten Ciamis. 

Baca Juga: Resep Kue Pukis Kentang Empuk dan Legit ala Rumahan, Begini Cara Membuatnya

Kata Aswin, Web-R merupakan aplikasi dengan system berbasis website sehingga pengguna hanya perlu mengakses melalui browser. 

"Pada aplikasi ini tersedia fitur proses pelayanan, penetapan, pembayaran hingga pelaporan terkait dengan Retribusi Daerah. Fitur pembayaran yang tersedia pada aplikasi Web-R yaitu Virtual Account dan QRIS," katanya.

Untuk memberikan kemudahan layanan publik turut hadir melalui Program Galuh Go Digital sebagai program akselerasi transaksi digital masyarakat Kabupaten Ciamis untuk mengoptimalkan berbagai layanan pembayaran pajak yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 

Baca Juga: Resep Kue Pancong Lumer ala Rumahan, Jika Sedang Di Bandung Bisa Kunjungi Jajanan Tradisional Ini di Jalan ABC

Selain itu, Program Galuh Go Digital turut mendorong partisipasi masyarakat sebagai pengawas Pendapatan Asli Daerah. 

Halaman:

Editor: Mohammad Ridwan Anshori


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah