Link Live Streaming Sidang Isbat Idul Fitri 2021 Malam Ini, Penentuan Kapan Lebaran 1 Syawal 1442 H

- 11 Mei 2021, 11:52 WIB
Ilustrasi - Muhammadiyah Telah Tetapkan Idul Fitri 1442 H Jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Pemerintah sendiri baru akan menetapkan setelah sidang isbat.
Ilustrasi - Muhammadiyah Telah Tetapkan Idul Fitri 1442 H Jatuh pada tanggal 13 Mei 2021. Pemerintah sendiri baru akan menetapkan setelah sidang isbat. / pexels.com/Tomas Anunziata

BERITA KBB – Pada malam ini, Rabu 11 Mei 2021 pemerintah menjadwalkan sidang isbat untuk menentukan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1442 H.

Sidang isbat tersebut bisa disaksikan secara langsung di televisi ataupun melalui link live streaming di artikel ini.

Seperti diketahui, Sidang isbat Ramadhan, Idul Fitri, dan Idul Adha diselenggarakan oleh pemerintah sejak tahun 1950 dengan tujuan menetapkan hari pertama Bulan Ramadhan, Syawal, dan tanggal 10 Dzulhijjah.

Pada awal penyelenggaraannya, sidang ini hanya sederhana dengan didasarkan fatwa para ulama bahwa negara punya hak untuk menentukan datangnya hari-hari tersebut.

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI Hari Ini, Selasa 11 Mei 2021, Sidang Isbat Malam Ini sebelum Ikatan Cinta

Baca Juga: Geram Atas Serangan Israel ke Palestina, Tifatul Sembiring: Bangsa Biadab, Masih Ada Aja yang Mau Berteman

Kemudian mulai tahun 1972, Badan Hisab Rukyat (BHR) mulai dibentuk di bawah Kementerian Agama.

Di dalamnya terdapat para ahli, ulama dan ahli astronomi, yang tugas intinya memberikan informasi, memberikan data kepada Menteri Agama tentang awal bulan Ramadan, Syawal, dan Dzulhijjah.

Mengutip Wikipedia, sidang ini diadakan satu hari sebelum hari yang diperkirakan sebagai awal bulan yang dimaksud. Dalam sidang ini, dihadirkan berbagai ulama, tokoh, dan organisasi masyarakat di Indonesia.

Halaman:

Editor: Cecep Wijaya Sari


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x