Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 dibuka, Waspada Phising Berkedok Link Palsu!

- 2 Februari 2023, 11:41 WIB
Ilustrasi - Waspadai penipuan Kartu Prakerja gelombang 48, simak syarat dan cara daftar Kartu Prakerja 2023 untuk dapatkan insentif 4,2 juta di sini.
Ilustrasi - Waspadai penipuan Kartu Prakerja gelombang 48, simak syarat dan cara daftar Kartu Prakerja 2023 untuk dapatkan insentif 4,2 juta di sini. /UNSPLASH/@solimonster

BeritaKBB - Pendaftaran Kartu Prakerja 2023 sudah dibuka per Rabu, 1 Februari 2023 ini. Pendaftaran program pemerintah berkonsep peningkatan kompetensi ini hanya dilakukan via online, sehingga para peminat mencari-cari dan bertanya-tanya terkait link pendaftarannya.

Tak jarang, kesempatan seperti ini dimanfaatkan oleh mereka yang memiliki niat buruk dan ingin mencari keuntungan pribadi belaka. Contohnya, mengedarkan link pendaftaran palsu yang dibuat seolah-olah asli dan tampak sama persis, baik dari penampilan maupun alamat website-nya.

Potensi beredarnya link palsu terkait pendaftaran program pemerintah maupun rekrutmen karyawan ini tentunya harus diwaspadai. Link palsu ini menjadi jalan bagi oknum nakal untuk melakukan penipuan dan pencurian data pribadi, apalagi dalam hal pendaftaran Kartu Prakerja ini, pendaftar perlu menginput NIK, nomor KK dan nomor ponsel.

Baca Juga: Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wali Kota Medan Bobby Nasution Kampanyekan Motor Listrik

Pencurian data pribadi seperti ini dikenal dengan nama phising. Dikutip BeritaKBB dari situs DJKN Kemenkeu, phishing adalah upaya mendapatkan informasi data seseorang dengan teknik pengelabuan.


Istilah phising berasal dari Bahasa Inggris fishing yang artinya memancing. Persis seperti istilahnya, pelaku phising “memancing” data pribadi dan sensitif korban. Korbannya tidak menyadari bahwa data yang diberikan akan digunakan untuk kejahatan atau diperjualbelikan pada pihak yang juga berniat jahat.


Dijelaskan lebih lanjut, pelaku phising biasanya berpura-pura menjadi pihak institusi berwenang, dengan menggunakan website yang tampak meyakinkan. Bentuk penipuan seperti ini juga dikenal dengan nama web phising.


Oleh karena itu, bagi yang ingin mendaftar program Kartu Prakerja 2023, lakukan pendaftaran hanya melalui situs resmi di www.prakerja.go.id. Perhatikan baik-baik pada alamat web-nya, pastikan hanya mengandung kata “prakerja” dan domain “go.id”, yang menunjukkan bahwa website tersebut resmi dikelola oleh Pemerintah Indonesia.

Baca Juga: Jadwal Acara RCTI Kamis 2 Februari 2023 Tayang Dahsyatnya 2023, Ikatan Cinta Hingga Dunia Masih Terbalik

Selain potensi munculnya link pendaftaran palsu, pendaftar juga agar waspada bila ada pihak-pihak yang menjanjikan lolos program Kartu Prakerja dengan syarat membayar sejumlah uang. Pendaftaran Kartu Prakerja sama sekali tidak dipungut biasa sepeserpun, justru peserta akan mendapatkan insentif sebesar Rp600.000 per bulannya sebanyak 4 kali.


Tidak hanya itu, jangan lupa pula untuk waspada apabila oknum yang menjanjikan pekerjaan dengan gaji yang tidak masuk akal dan rekrutmen yang terlampau mudah, setelah menyelesaikan pelatihan. Pihak Kartu Prakerja hanya membantu peserta meningkatkan kemampuan bekerja dan tidak membantu mencarikan pekerjaan secara langsung.


Sebagai informasi, berdasarkan situs resmi prakerja.go.id, Kartu Prakerja merupakan program pemerintah dalam rangka pengembangan kompetensi kerja dan wirausaha. Target program ini antara lain para pencari kerja, pekerja yang terkena PHK, dan pekerja maupun pelaku usaha mikro dan kecil yang ingin meningkatkan kemampuannya.***

Editor: Siti Mujiati

Sumber: DJKN Kemenkeu Kartu Prakerja dan


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x