Resmi! UEFA Hapus Aturan Gol Tandang di Liga Champions dan Liga Eropa

- 25 Juni 2021, 10:51 WIB
Selebrasi para pemain  Chelsea Seusai Meraih Gelar  Juara Liga Champions 2020-2021  mengalahkan Manchwester City, Minggu , 30 Mei 2021 lalu
Selebrasi para pemain Chelsea Seusai Meraih Gelar Juara Liga Champions 2020-2021 mengalahkan Manchwester City, Minggu , 30 Mei 2021 lalu /Bocimiupdate.com/ Antara News

BERITA KBB - UEFA sebagai organisasi tertinggi sepak bola di benua biru resmi menghapus sistem gol tandang untuk liga champions dan liga eropa.

UEFA akan menerapkan regulasi baru tersebut untuk musim 2021/2022.

Aturan yang sudah lama dipakai oleh UEFA itu tidak akan dipakai pada sengitnya pertandingan di liga champions, eropa serta level lainnya di benua biru.

Sistem ini juga berlaku untuk sepak bola wanita dan usia muda.

Rekomendasi tersebut telah direstui oleh Komite Kompetisi Klub UEFA dan Komite Sepak Bola Wanita UEFA, dan Komite Eksekutif UEFA yang telah sepakat atas proposal penghapusan gol tandang di semua kompetisi UEFA.

Baca Juga: Dokter Tirta Sebut 3 Alasan Agar Tidak Kena Covid-19, Salah Satunya Imun Kuat

Dalam hal ini presiden UEFA Aleksander Fereferin memberikan komentarnya.

“Aturan gol tandang telah menjadi bagian intrinsik dari kompetisi UEFA sejak diperkenalkan pada tahun 1965. Namun, pertanyaan tentang penghapusannya telah diperdebatkan di berbagai pertemuan UEFA selama beberapa tahun terakhir. Meskipun tidak ada kebulatan pandangan, banyak pelatih, penggemar, dan pemangku kepentingan sepakbola lainnya mempertanyakan keadilannya dan telah menyatakan preferensi agar aturan tersebut dihapuskan," ujarnya Aleksander.

“Dampak dari aturan sekarang bertentangan dengan tujuan awalnya karena, pada kenyataannya, sekarang menghalangi tim tuan rumah terutama di leg pertama dari menyerang, karena mereka takut kebobolan gol yang akan memberi lawan mereka keuntungan penting. Ada juga kritik atas ketidakadilan, terutama dalam perpanjangan waktu, yang mewajibkan tim tuan rumah mencetak dua gol ketika tim tamu telah mencetak gol," tambahnya lagi.

Halaman:

Editor: Miradin Syahbana Rizky


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x