Tips Olahraga di Cuaca Dingin yang Sehat dan Aman untuk Tubuh, Pemanasan Adalah Kunci

- 9 Februari 2023, 10:57 WIB
ilustrasi olahraga
ilustrasi olahraga /pixabay/
 

Berita KBB - Cuaca dingin kerap jadi alasan bagi sebagian orang untuk menunda olahraga dan menunggu suhu udara lebih hangat untuk memulai aktivitas. Padahal, olahraga di cuaca dingin justru lebih efektif terutama bagi yang sedang berusaha menurunkan berat badan.

Seperti yang Berita KBB tulis sebelumnya, tubuh ternyata dapat membakar kalori lebih banyak ketika olahraga di tengah cuaca dingin. Hal ini karena manusia memiliki sel lemak coklat yang berfungsi menghangatkan tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang terbit tahun 2014 dalam jurnal Diabetes, tubuh cenderung memproduksi lebih banyak sel lemak coklat ketika terpapar suhu yang lebih dingin dari normal. Dengan olahraga di cuaca dingin hingga berkeringat, tubuh akan membakar sel lemak coklat lebih banyak untuk menghangatkan tubuh.

Baca Juga: Keseruan Saat Ketua Bhayangkari Ranting Polsek Jagakarsa Geruduk Anak-Anak TK

Meskipun olahraga di cuaca dingin lebih efektif, ada beberapa hal yang tetap harus diperhatikan demi menjaga keselamatan dan kesehatan. Jangan sampai olahraga di cuaca dingin malah membuat kesehatan terganggu.


Dikutip Berita KBB dari Health.com, berikut tips olahraga di cuaca dingin yang baik, benar dan tentunya aman.


  1. Investasi perlengkapan olahraga

Jika ingin berkomitmen melakukan olahraga di cuaca dingin, ada baiknya untuk mulai berinvestasi perlengkapan olahraga di cuaca dingin. Apalagi bila tinggal atau mengambil spot olahraga di pegunungan dan dataran tinggi bersuhu rendah.


  1. Utamakan pemanasan

Di cuaca dingin sekalipun, tubuh tetap butuh pemanasan dengan waktu yang cukup sebelum olahraga. Jika langsung lompat ke olahraga utama, risiko cedera tubuh menjadi besar.


Lakukan peregangan dinamis sebelum berangkat. Ketika sudah berada di luar, beri tubuh kesempatan untuk beradaptasi dengan lingkungan dan mulai olahraga dengan perlahan.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: health.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x