Susan Wojcicki Pamit Undur Diri dari CEO YouTube, Berikut Rekam Jejak, Pencapaian dan Sosok Penggantinya

- 17 Februari 2023, 12:46 WIB
CEO YouTube Susan Wojcicki
CEO YouTube Susan Wojcicki /Instagram @susanwojcicki
 

Berita KBB - Kabar mengejutkan datang dari raksasa layanan berbagi video YouTube. CEO YouTube Susan Wojcicki mengumumkan lengser dari posisinya. Apa alasannya?

Mengutip Gizmochina pada Jumat 17 Februari 2023, dalam suratnya kepada para karyawan YouTube, Susan Wojcicki mengatakan dirinya akan memulai lembaran baru dan fokus pada keluarga, kesehatan, dan projek pribadinya.

Meski demikian, Wojcicki tetap akan terlibat dengan Google dan Alphabet untuk ke depannya. Ia akan mengambil peran sebagai penasihat untuk kedua perusahaan itu.

Baca Juga: Jadwal Indosiar Hari Ini Jumat 17 Februari 2023, Ada BRI Liga 1, Panggilan dan Timnas U-20 Matchday

Diketahui, Susan Wojcicki yang merupakan salah satu wanita berpengaruh di Silicon Valley, merupakan bagian berpengaruh dari Google. Dalam sejarahnya, kantor Google ketika pertama kali didirikan bertempat di garasi rumah Wojcicki.


Ia berteman dekat dengan Larry Page dan Sergey Brin, pendiri Google. Setelah menjadi salah satu dari karyawan pertama raksasa mesin pencarian itu, ia meniti jenjang karir di perusahaan dan diserahkan tanggung jawab untuk mengelola YouTube.


Di tangannya, YouTube pun berkembang menjadi salah satu perusahaan media sosial terbesar di dunia yang berfokus pada layanan berbagi video.


Layanan ini juga menjadi bagian yang penting bagi Google dan Alphabet, dengan menyumbang 10 persen keuntungan dari total laba Google tahun lalu. 


Wojcicki juga bekerja sebagai manajer produk pertama Google AdSense dan memainkan peran dalam Google Doodles awal-awal. Ia mendorong perusahaan tersebut untuk mengakuisisi YouTube, dan beberapa tahun kemudian memimpinnya sebagai CEO.

Baca Juga: Daftar Rating Sinetron Jumat, 17 Februari 2023, Takdir Cinta Yang KUPILIH SCTV Masih Berada di TOP 1

Setelah Susan Wojcicki lengser, siapa sosok yang akan menggantikannya? Ialah Neal Mohan, yang saat ini adalah Chief Product Officer YouTube. Menariknya, Mohan nantinya bukan menjadi CEO, melainkan jadi menjadi Senior VP dan Kepala YouTube


Mohan membantu meluncurkan YouTube TV, YouTube Music, YouTube Shorts dan YouTube Premium. Ia juga memimpin tim kepercayaan dan keselamatan dari media sosial tersebut.

Halaman:

Editor: Siti Mujiati

Sumber: gizmochina.com


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x