Presiden Jokowi Tunjuk MenkoMarves Luhut Pandjaitan Jadi Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional

- 9 April 2022, 23:21 WIB
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berpidato saat kunjungan kerja di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu 19 Maret 2022. Menko Marves mengatakan investasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) tidak ada yang mundur dan sudah ada lima negara yang siap mendanai diantaranya Abu Dhabi, Arab Saudi dan China.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan berpidato saat kunjungan kerja di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu 19 Maret 2022. Menko Marves mengatakan investasi pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) tidak ada yang mundur dan sudah ada lima negara yang siap mendanai diantaranya Abu Dhabi, Arab Saudi dan China. /Antara/Budi Candra Setya/

BERITA KBB - Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia Luhur Binsar Pandjaitan kembali mendapatkan jabatan baru diluar kabinet Indonesia Maju pemerintahan Jokowi - Ma'ruf Amin.

 
Presiden Jokowi tunjuk Luhut menjadi Ketua Dewan Sumber Daya Air Nasional ( SDA ).
 
Hal itu diresmikan dengan keluarnya Peraturan Presiden ( Perpres ) no.53 tahun 2022 mengenai dewan Sumber Daya Air Nasional ( SDA ) yang ditandatangani oleh Presiden Jokowi.
 
 
 
Pria 74 tahun itu memang sering mendapatkan jabatan di luar kabinet, bahkan saking seringnya Luhut sering dicap sebagai menteri segala urusan oleh masyarakat.
 
Bahkan baru baru ini muncul isu prime minister yang dikaitkan dengan Luhut tersebut.
 
Jabatan ini menambah daftar panjang catatan jabatan yang diemban oleh Luhut Binsar Pandjaitan.
 
 
 
Ketua Sumber Daya Air ( SDA ) nasional mempunyai kewajiban untuk melaksanakan koordinasi, sinkronisasi, evaluasi, dan pengendalian urusan kementrian dalam penyelenggaraaan pemerintahan di bidang kemaritiman dan investasi.
 
Sebelumnya, Luhut mengemban beberapa jabatan yang ditugasi oleh Jokowi selama periode pemerintahannya.
 
Diantaranya, pernah menjadi kepala staf kepresidenan. Tak lama berselang diangkat menjadi Menkopulhukam.
 
 
 
Lalu diangkat menjadi MenkoMarves pada pemerintahan Jokowi Maruf Amin, saat menjabat menjadi menteri Luhut kerap mendapatkan tugas dan jabatan yang diberikan Jokowi.
 
Saat pandemi Covid-19, Luhut ditunjuk menjadi staf Komite Penanganan Virus Disease Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional ( KPC-PEN ).
 
Luhut menjadi wakil ketua di komite tersebut. Selain itu pernah menjadi ketua Dewan Pengarah Penyelamatan Danau Prioritas Nasional tahun 2021.
 
 
 
Dan pernah juga menjadi ketua tim Gerakan Bangga Buatan Indonesia ( GERNAS BBI ), Komite Kereta Cepat Jakarta - Bandung, kemudian menjadi ketua Bidang dukungan Penyelenggaraan Acara di presidensi G-20
 
Dan yang terakhir adalah Ketua Dewan Sumber Daya Air ( SDA ) yang dijabati baru baru ini.***
 
 
 
 
 

Editor: Ade Bayu Indra


Tags

Artikel Pilihan

Terkait

Terkini

Terpopuler

Kabar Daerah

x